Thomas Doll Geram dengan Pemanggilan Jangka Panjang Pemain ke Timnas

Thomas Doll Geram dengan Pemanggilan Jangka Panjang Pemain ke Timnas

JawaPos.com-Tiga pemain Persija Jakarta masuk daftar 28 nama yang dipanggil pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (STY) untuk menjalani pemusatan latihan di Bali jelang AFF Cup 2022. Yakni, Hansamu Yama Pranata, Syahrian Abimanyu, dan Muhammad Ferarri.

Pelatih Persija Thomas Doll senang karena ada pemainnya yang dipanggil timnas. Namun, dia tidak bahagia dengan pemanggilan Ferarri.

Sebab, pemain berposisi center back itu telah meninggalkan Persija selama dua bulan untuk mengikuti pemusatan latihan timnas U-20 di Eropa.

’’Ketika kembali ke Indonesia, dia harus pergi lagi ke timnas senior dua sampai tiga pekan. Saya marah dengan situasi ini. Saya tidak bisa menerima ini,’’ ujar pelatih asal Jerman tersebut.

Menurut mantan pelatih Borussia Dortmund itu, pesepak bola perlu waktu untuk beristirahat. Pemain perlu kembali ke klub.

’’Sekarang kami harus melewati enam pertandingan (Liga 1, Red) dalam waktu tiga minggu, tapi mereka tidak bersama saya. Bagaimana itu bisa terjadi? Apakah ini hanya terjadi di Indonesia? Mereka harus menjelaskan ini. Belum ada seseorang yang menjelaskan saya soal ini. Tak ada yang menelepon saya. Tak ada yang berkomunikasi dengan saya. Mereka mengambil pemain saya. Dan, situasi itu (justru dianggap) normal,’’ keluh Doll.

Mantan pemain Lazio itu menerangkan, situasi tersebut sangat tidak ideal. Apalagi, dalam sisa pertandingan putaran pertama Liga 1, Macan Kemayoran –julukan Persija– akan menghadapi lawan-lawan berat. Salah satunya, Persib Bandung.

’’Mungkin banyak pelatih lain yang tidak senang dengan situasi ini. Tapi, mereka tidak membicarakannya. Saya yakin para pelatih lain tidak senang jika pemain timnas tidak hadir dalam laga-laga penting,” tegas Doll.

Mantan penggawa timnas Jerman itu menambahkan, pola harus dibenahi. Jika tenaga terus diforsir, pemain bisa kembali ke klub dengan kondisi yang sangat lelah.

’’Bahkan, bisa juga cedera. Apa ini yang dinamakan masa depan? Ayolah, ini tidak bisa dipercaya. Ini tidak bagus untuk pemain. Bagaimana mungkin dua bulan pemain saya bersama timnas U-20, lalu lanjut dua sampai tiga pekan bersama timnas senior. Dan, Persija tetap membayar gajinya,” ucap Doll.



Sumber: www.jawapos.com

Related posts