Seperti Uni Eropa, India Bakal Paksa iPhone Gunakan USB Type-C

UNJABISNIS.COM – USB-C semakin populer dari hari ke hari. Hampir semua ponsel Android, laptop modern, adaptor pengisi daya, dan bahkan pengontrol game menggunakan port ini. Sementara dunia teknologi perlahan mulai menggunakan satu port standar, Apple terus menolak.

Perusahaan yang bermarkas di Cupertino, California, Amerika Serikat (AS) ini bersikeras menggunakan port Lightning pada model iPhone yang terjual jutaan unit setiap tahunnya.

Read More

Tapi, hal itu tampaknya bisa segera berubah. Apple belakangan mulai dipaksa mengikuti standar, seragam dengan tren yakni menggunakan USB-C di iPhone bikinan mereka.

Sebagaimana diketahui, Uni Eropa (UE) baru-baru ini mengesahkan Undang-undang yang memaksa Apple menggunakan USB-C pada iPhone yang dijual di UE. Tampaknya India sedang mengerjakan undang-undang serupa, mengikuti jejak UE.

Pejabat pemerintah sedang mempersiapkan undang-undang untuk mewajibkan USB-C di semua smartphone, tablet, dan laptop. Mengingat populasi India hampir 1,4 miliar, tidak ada perusahaan, termasuk Apple, yang memiliki peluang selain mematuhi aturan ini.

“Konsensus luas muncul di antara para pemangku kepentingan tentang pengadopsian USB Type-C sebagai port pengisian daya untuk perangkat elektronik seperti smartphone, tablet, laptop, dll. Selain itu, port pengisian daya yang berbeda dapat diadopsi untuk ponsel berfitur,” jelas Rohit Kumar Singh, sekretaris Distribusi Pangan dan Publik Kementerian Urusan Konsumen India mengatakan dalam siaran pers pemerintah.

Apple mendengar, dan tampaknya akan ikut pada aturan ini. Meski saat di Uni Eropa melawan dan sempat ogah ikut aturan yang ditetapkan, sekiranya Apple mulai menyadari pentingnya port pengisian daya yang seragam.

Dilansir dari MacRumors, menurut analis dan pembocor, raksasa teknologi itu sedang mengerjakan iPhone dengan port USB-C. Ming-Chi Kuo mengklaim bahwa semua model iPhone 15 akan meninggalkan port Lightning demi USB-C.



Sumber: www.jawapos.com

Related posts