Rencana PT LIB Diubah demi Memberikan Dukungan kepada Timnas Indonesia

UNJABISNIS.COM-Rencana PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk tetap menggelar pertandingan Liga 1 saat AFF Cup 2022 dihelat akhirnya direvisi.

Rencana tersebut diubah demi memberikan dukungan penuh kepada tim nasional Indonesia. Namun, perubahan rencana tersebut sekaligus berdampak terhadap kalender pertandingan Liga 1.

Seluruh klub dipastikan bakal menjalani pertandingan yang superpadat. Sebab, saat ini Liga 1 baru berjalan sebelas pekan. Enam pekan sisa putaran pertama akan digelar pada 2 Desember dan harus tuntas sebelum timnas Indonesia berlaga pada ajang AFF Cup 2022. ”Sebelum AFF Cup, kami sudah istirahat,” ujar Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus.

Dengan waktu yang singkat itu, padatnya jadwal pertandingan sudah bisa dibayangkan. Dalam waktu sekitar 21 hari, setiap tim harus menjalani enam pertandingan. Artinya, setiap tim hanya memiliki waktu istirahat tiga hari.

Ferry sadar konsep tersebut sangat melelahkan bagi seluruh klub. Tapi, rasa lelah para pemain bisa diminimalkan karena enam pekan sisa putaran pertama digelar dengan sistem bubble atau tersentralisasi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, sisa putaran pertama Liga 1 musim ini akan dihabiskan di Jawa Tengah dan Jogjakarta.

Dalam sistem itu, PT LIB menunjuk empat stadion sebagai venue pertandingan. Yakni, Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Moch. Soebroto (Magelang), Stadion Maguwoharjo (Sleman), dan Stadion Sultan Agung (Bantul).

Dengan tersentralisasi, tim tidak akan kelelahan saat menjalani pertandingan away. Sebab, pertandingan hanya digelar di empat stadion tersebut.

”Semua tim sangat sepakat dengan konsep ini,” tegas mantan direktur olahraga Persija Jakarta tersebut.

Pelatih Persib Bandung Luis Milla Aspas menyatakan kesiapan untuk menghadapi jadwal pertandingan padat. Menurut pelatih asal Spanyol itu, jadwal pertandingan padat adalah risiko yang harus dilalui setelah kompetisi terhenti hampir dua bulan pascatragedi Kanjuruhan.

”Sekarang yang terpenting kompetisi dimulai lagi. Kami tidak masalah dengan jadwal padat,” ucap mantan penggawa Real Madrid tersebut.

Milla sangat percaya diri Maung Bandung –julukan Persib– bisa tetap bermain baik di tengah jadwal padat. Menurut mantan pelatih timnas Indonesia itu, Persib punya kedalaman skuad yang merata. Hal itu membuatnya leluasa untuk melakukan rotasi.

Pelatih Persita Tangerang Angel Alfredo Vera juga siap mengarungi jadwal pertandingan yang padat. Sebagai pelatih yang sudah malang melintang di belantika sepak bola Indonesia, jadwal padat bukan hal baru.

”Kami sudah pernah merasakan itu saat kompetisi digelar di tengah pandemi Covid-19. Jadi, bukan masalah,” terang mantan pelatih Sriwijaya FC Palembang dan Persiba Balikpapan tersebut.



Sumber: www.jawapos.com

Related posts