Pascaerupsi Semeru, XL Axiata Pastikan Jaringan Aman

Pascaerupsi Semeru, XL Axiata Pastikan Jaringan Aman

UNJABISNIS.COM – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan secara umum semua layanan telekomunikasinya aman, tidak terdampak secara signifikan oleh terjadinya erupsi Gunung Semeru pada Minggu (4/12) kemarin. XL Axiata memiliki sekitar 12 BTS di radius 20 km dari gunung tersebut, 3 BTS yang berlokasi di Kelurahan Tegalrejo Kecamatan Ampelgading, Kelurahan Bulurejo Kecamatan Tempusari dan Kecamatan Pronojiwo sempat padam sesaat terjadi erupsi yang disertai hujan abu dan pasir.

Regional Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto mengatakan, BTS XL Axiata yang terdekat berjarak sekitar 10 km dari pusat erupsi. Erupsi dan hujan abu dan pasirnya cukup dahsyat sampai memutus pasokan listrik ke beberapa BTS.

Read More

“Sebagian BTS lainnya tetap bisa menyala karena ada genset. Kami akan berupaya keras untuk tetap menjaga layanan di area bencana ini karena tentu saat ini layanan telekomunikasi sangat dibutuhkan oleh masyarakat terdampak dan aparat yang menangani korban bencana,” ujarnya melalui keterangannya.

Hingga hari ini, Selasa (6/12), jaringan XL Axiata di Kabupaten Lumajang terutama Kecamatan Pronojiwo dan Kecamatan Candipuro telah normal kembali. Pelanggan dan masyarakat sudah bisa mendapatkan lagi akses telekomunikasi dan data.

Seiring dengan sudah mulai menyala lagi aliran listrik di beberapa area paska erupsi, maka semua BTS yang sempat terkendala juga bisa beroperasi lagi. XL Axiata memiliki lebih dari 103 BTS di Kabupaten Lumajang, termasuk di lokasi bencana.

Tim teknis XL Axiata di lapangan, saat ini terus melakukan pemantauan dan pengecekan untuk memastikan jaringan dan layanan tetap berfungsi optimal untuk digunakan masyarakat dan pelanggan.

Dodik menambahkan, bersamaan dengan pengecekan infrastruktur di lokasi bencana, pihaknya juga mengidentifikasi kebutuhan darurat yang bisa dikirimkan bagi para korban. Bekerja sama dengan mitra diler sekitar dan aparat setempat. Bantuan akan fokus disalurkan ke wilayah yang mengalami dampak terberat, di mana ribuan warga mengungsi.

Bicara bantuan, operator seluler lainnya di area Semeru yakni Telkomsel bergerak cepat menyalurkan bantuan untuk para warga yang terdampak awan panas guguran Gunung Semeru pada 4 Desember yang diserahkan langsung ke Posko pengungsian utama di Lapangan Candipuro Lumajang, Senin (5/12).

Vice President Consumer Sales Area Jawa Bali Riny Novitriyanti dalam siaran pers yang diterima mengatakan, Telkomsel telah menyalurkan bantuan awal berupa 250 kilogram beras, 20 dus mie instan, 100 voucher fisik 2,5 GB khusus untuk relawan dan petugas serta 20 SP kartu perdana 3 GB untuk membantu kelancaran relawan dan petugas dalam menangani korban bencana Semeru.

“Semua bantuan sudah kami kirimkan ke lokasi. Kami berharap bantuan awal dari Telkomsel ini untuk meringankan sementara kebutuhan pokok para pengungsi agar tidak kekurangan asupan makanan,” katanya.

Bantuan berikutnya yang akan dikirim, lanjut dia, sesuai informasi yang diterima ialah tisu kering, tisu basah, masker, bantal, tikar, susu UHT dan obat-obatan ringan.



Sumber: www.jawapos.com

Related posts