Mengenal Donald Pandiangan, Sosok yang Jadi Google Doodle Hari Ini

UNJABISNIS.COM – Hari ini, Senin (12/12), Google kembali menorehkan goresan muka awal pencariannya dengan Doodle spesial. Khusus untuk hari ini, saat membuka laman Google, akan tampil Doodle dengan menampilkan Donald Pandiangan. Lalu, siapa dia?

Dirangkum dari berbagai sumber, Donald Djatunas Pandiangan diketahui merupakan sosok “Robin Hood-nya” Indonesia. Tak heran dia dikenal demikian, pasalnya, Donald Pandiangan adalah mantan atlet panahan dan pelatih panahan Indonesia.

Read More

Sebagai atlet, dirinya dikenal mendapat julukan Robin Hood Indonesia dan banyak mengukir prestasi. Yang paling dikenang adalah Donald Pandiangan merupakan juara Sea Games sebanyak empat kali.

Tak hanya sukses sebagai atlet, Donald juga dikenal bertangan dingin dan berhasil menelurkan bibit atlet lainnya. Dia sukses pula sebagai pelatih.

Donald berhasil membawa trio Srikandi Indonesia (Lilies Handayani, Nurfitriyana Saiman dan Kusuma Wardhani) merebut medali perak Olimpiade Seoul 1988 yang merupakan medali pertama bagi Indonesia sepanjang sejarah partisipasinya dalam Olimpiade.

Donald Pandiangan meninggal dalam usia 63 tahun pada 20 Agustus 2008 setelah dirawat sejak 17 Agustus 2008 di Rumah Sakit Cikini Jakarta. Donald diketahui meninggal akibat menderita stroke.

Selain Google Doodle hari ini, Donald Pandiangan juga pernah dikenang melalui sebuah film berjudul 3 Srikandi. Di film tersebut, Donald Pandiangan diperankan oleh Reza Rahardian.

Google Doodle memang jadi tempat khusus mesin pencari ini mengenang sosok dan beberapa momen penting. Dan seperti biasa Google Doodle lain sebelumnya, saat gambar doodle diklik akan menampilkan informasi dan topik terkait lainnya.



Sumber: www.jawapos.com

Related posts