Mengenal Chip Baru MediaTek Pentonic 1000, Hadir Untuk TV 4K 120 Hz

UNJABISNIS.COM – MediaTek kembali meluncurkan Pentonic 1000, System-on-Chip (SoC) yang kali ini hadir untuk smart TV unggulan terbaru yang dirancang untuk tampilan 4K 120 Hz. Pentonic 1000 diklaim menggabungkan dukungan WiFi 6/6E, MMEC.

Dukungan WiFi 6/6E dan MMEC tersebut dikatakan bisa memberikan kualitas video yang lebih halus, prosesor AI yang kuat, Dolby Vision IQ dengan fitur Precision Detail, dan fitur Intelligent View 8 layar sehingga pengguna dapat menonton atau meninjau beberapa streaming konten sekaligus.

Read More

Chipset ini juga mendukung codec video tercanggih dan standar siaran TV global dalam satu platform. Kemudian dari sisi dapur pacu, MediaTek Pentonic 1000 menggabungkan CPU multi-core yang kuat, GPU dual-core, AI Processing Unit (APU) khusus, serta mesin decoding video ke dalam satu chip.

Chipset ini juga disebut menyajikan dukungan resolusi hingga 4K pada refresh rate 120 Hz dan mampu mendukung VRR (Variable Refresh rate) hingga 4K pada 144Hz untuk aplikasi game. Selain itu, didukung frame rate super cepat untuk permainan yang lebih halus, cipset ini menghadirkan pengalaman bebas lag dengan fitur Auto Low Latency Mode (ALLM).

Teknologi Intelligent View dari MediaTek yang eksklusif ini memungkinkan para konsumen menonton berbagai sumber media yang berbeda dan konferensi video dengan teman-teman mereka secara bersamaan dengan kualitas gambar yang luar biasa di setiap tampilan berkat rangkaian teknologi AI dari MediaTek.

Untuk kategori chip di segmen ini, MediaTek memang sejauh ini unggul berkat Intelligent View menonjol dalam persaingan di pasaran dengan memungkinkan pengguna menampilkan hingga delapan tampilan dalam satu tampilan serta menyediakan sinkronisasi video dan grafis yang mulus saat pengguna memindahkan, menukar, dan mengubah ukuran jendela.

Bergabung dalam rangkaian teknologi Advanced Imaging Dolby yang tersedia melalui Dolby Vision IQ, Precision Detail membuka lebih banyak konten Dolby Vision dengan memperlihatkan detail luar biasa di area terang dan gelap.

“Dengan mengintegrasikan Dolby Vision IQ dan Precision Detail, Pentonic 1000 memungkinkan smart TV 4K untuk memperluas pengalaman Dolby Vision,” ujar Vice President Living Room di Dolby Laboratories, Mathias Bendull.

Sementara itu, General Manager Unit Bisnis TV di MediaTek Alex Chen menerangkan, pihaknya merancang MediaTek Pentonic 1000 secara khusus untuk mengakomodasi tren smart TV saat ini, termasuk streaming 4K, game cloud, konferensi video, dan aktivitas menonton bersama.

“Dengan dukungan untuk konten 4K HDR, frame rates 120Hz, MEMC, peningkatan AI, konektivitas Wi-Fi 6/6E, dan codec canggih seperti VVC, Pentonic 1000 akan menghadirkan pengalaman menonton 4K terbaik,” ungkap Alex.

Dari sisi engine, Pentonic 1000 dikatakan menghadirkan peningkatan AI terdepan di industri dengan kinerja dan efisiensi daya yang lebih tinggi dibandingkan dengan platform multi-chip lainnya. Teknologi AI-Super Resolution (AI-SR) dari MediaTek yang ditingkatkan menghasilkan penghalusan tepi dan rekonstruksi detail untuk membuat resolusi FHD terlihat seperti resolusi 4K dan disebut akan tiba di pasaran pada awal 2023.



Sumber: www.jawapos.com

Related posts