UNJABISNIS.COM

Lonjakan Trafik Nataru, Medsos Masih Paling Banyak Digunakan

UNJABISNIS.COM – Momen Natal dan Tahun Baru 2023 atau Nataru diprediksi banyak masyarakat akan kembali melakukan perjalanan di musim liburan. Hal ini mengingat pandemi Covid-19 relatif sudah landai dan selama hampir tiga tahun terakhir banyak pembatasan dilakukan di hari-hari libur besar.

Selama momen perayaan Nataru, Telkomsel memproyeksikan akan ada lonjakan trafik layanan data atau payload sebesar 17,6 persen dibandingkan rerata hari biasa dan 19,1 persen dibandingkan Nataru sebelumnya, dengan total payload diperkirakan mencapai 52,5 petabyte atau tumbuh 19,1 persen dibandingkan dengan periode Nataru sebelumnya.

Vice President Network Assistance Security and Operations Center Telkomsel Galumbang Pasaribu menjelaskan, proyeksi pertumbuhan layanan data tersebut diperkirakan akan didorong oleh lonjakan pada sejumlah pemanfaatan akses layanan berbasis digital.

Adapun layanan digital tersebut, mulai dari layanan media sosial yang diprediksi tumbuh sekira 31,7 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) melonjak 27,8 persen layanan streaming video meningkat 29,4 persen, layanan mobile gaming melonjak hingga 18,6 persen, akses browsing naik 24,1 persen dan akses layanan E-Commerce diprediksi naik sekira 35 persen.

“Telkomsel juga memperkirakan trafik pada layanan SMS akan meningkat sebesar 7,9 persen, dan layanan panggilan suara akan turun tiga persen,” ungkap Galumbang Pasaribu dalam konferensi pers Telkomsel Siaga, di Jakarta, belum lama ini.

Dirinya menambahkan, untuk mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi tersebut, Telkomsel telah melakukan sejumlah optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan di 493 titik wilayah prioritas di seluruh Indonesia, yang berpotensi mengalami pertumbuhan trafik telekomunikasi secara signifikan.

Adapun fokus wilayah prioritas tersebut mencakup 363 area spesial seperti alun-alun dan pusat perbelanjaan, 59 titik pemberangkatan transportasi umum, 21 titik jalur utama mudik, 47 area residensial, satu rumah sakit pusat penanganan Covid-19, dan dua tempat ibadah.

Sementara dari segi teknis, Telkomsel juga telah mengintegrasikan hingga 25.000 unit BTS 4G/LTE baru, menyiagakan tambahan 61 unit compact mobile BTS (Combat), dan meningkatkan kapasitas internet gateway hingga 9.212 Gbps. Kemudian Telkomsel juga menyebut akan melakukan optimalisasi network coverage pada lebih dari 196.000 BTS 4G/LTE se-Indonesia dan melaksanakan pemantauan 24 jam secara remote/virtual.



Sumber: www.jawapos.com

Exit mobile version