LG Kembangkan Layar AMOLED Canggih, Bisa Melar Seperti Karet

UNJABISNIS.COM – Dua perusahaan teknologi dari Korea Selatan (Korsel) yakni Samsung dan LG diketahui memiliki kapabilitas unggul dalam penciptaan panel layar. Digunakan untuk banyak keperluan mulai dari perangkat elektronik rumah tangga, otomotif sampai yang paling umum ponsel, duo chaebol atau konglomerat teknologi dari Korsel itu kerap berlomba menciptakan panel layar terbaik.

Nggak hanya dari segi material dan, teknologi juga kerap yang diadu dalam perlombaan membuat panel layar. Keduanya juga sama-sama punya nama di sektor layar AMOLED. Untuk hal ini, tampaknya LG juga nggak mau kalah dan terus membuat inovasi terbaiknya.

Read More

Terbaru, LG Display telah mengembangkan layar 12 inci yang dapat diregangkan yang dapat diperpanjang hingga 14 inci, demikian perusahaan mengumumkan. Seperti karet, layar ini bisa melar atau merenggang.

Dilansir dari Engadget, teknologi layar yang sedang dikembangkan ini suatu hari nanti diharapkan dapat digunakan dalam bahan dengan permukaan tidak beraturan seperti pakaian dan perangkat yang dapat dikenakan untuk menampilkan pesan

Layar yang dapat diregangkan, atau layar bentuk bebas seperti yang disebut oleh LG Display, dapat ditarik, ditekuk, dan dipelintir. Mereka melangkah lebih jauh dari pada layar fleksibel yang digunakan di Samsung Galaxy Fold dan smartphone lainnya, yang dapat dilipat dan ditekuk tetapi tidak bisa diregangkan.

Untuk membuat tampilan begitu melar, LG Display membangun bahan substrat dasar dari silikon yang serupa dengan yang digunakan pada lensa kontak. Ini juga mikro-LED lebih kecil dari 40-mikrometer untuk sumber cahaya, memungkinkan untuk resolusi tinggi dan daya tahan yang lebih unggul.

Akhirnya, LG Display menggunakan sirkuit yang berbentuk seperti pegas untuk mengakomodasi pembengkokan dan pelipatan dalam keadaan ekstrem sekali pun.

“Teknologi revolusioner layar yang dapat diregangkan menawarkan keserbagunaan tingkat berikutnya untuk berbagai skenario harian,” tulis LG Display menjelaskan teknologi tersebut.

“Mudah dipasang pada permukaan melengkung seperti kulit, pakaian, furnitur, mobil, dan pesawat terbang, inovasi unik ini memperluas potensi tampilan di berbagai industri termasuk mode, perangkat yang dapat dikenakan, mobilitas, dan permainan,” imbuh LG Display.

Soal layar yang dapat direnggangkan dan fleksibel sendiri juga merupakan teknologi yang banyak diperlombakan dalam beberapa tahun ini. Sebelum LG, sudah banyak yang tampil, tetapi banyak dari layar yang dipamerkan memiliki penyok atau lekukan yang mengganggu secara visual.

LG tampaknya melangkah lebih jauh, menunjukkan potensi layar dengan potensi nyata untuk perangkat yang dapat dikenakan. LG Display telah bekerja pada teknologi ini sejak tahun 2020 dalam kolaborasi dan penelitian ini diharapkan selesai pada tahun 2024.



Sumber: www.jawapos.com

Related posts