Laporan Baru OpenSignal Sebut XL Axiata dan Telkomsel Bertarung Sengit

UNJABISNIS.COM – OpenSignal, perusahaan riset telekomunikasi baru saja melaporkan temuan terbarunya terkait pengalaman seluler di Indonesia. Hasilnya, dari total empat operator seluler (opsel) yang menggelar layanan di Tanah Air (Telkomsel, XL Axiata, IOH dan Smartfren, Telkomsel dan XL disebut bertarung sengit.

Hardik Khatri, Analis Teknis OpenSignal menjelaskan, XL berada di posisi teratas untuk hasil pengukuran terkait pengalaman video, game, dan aplikasi suara di Indonesia. “Pengguna smartphone di XL menikmati kualitas pengalaman terbaik yang tersedia saat streaming video, bermain game seluler multiplayer, atau menggunakan layanan suara over-the-top (OTT),” ujarnya melalui keterangan resminya kepada UNJABISNIS.COM.

Read More

Hardik menambahkan, dengan kecepatan unduh keseluruhan rata-rata 20,8 Mbps, pengguna XL mencatat pengalaman kecepatan unduhan tercepat di Indonesia. XL Axiata disebut 18,2 persen lebih cepat dari Telkomsel di posisi kedua dan lebih dari dua kali lipat dari Smartfren di posisi terakhir dengan 9,5 Mbps.

“Pengguna XL kami juga membuktikan peningkatan terbesar dalam kecepatan unduhan rata-rata mereka, meningkat sebesar 2,1 Mbps (10,9 persen) sejak laporan kami sebelumnya,” terang Hardik.

Meski ngebut, saat membandingkan operator Indonesia berdasarkan ukuran konsistensi pengalaman, Telkomsel memenangkan penghargaan kualitas excellent consistent dan core consistent untuk kedua kalinya berturut-turut dalam laporan pengalaman seluler Opensignal.

Hasil ini menunjukkan bahwa pengguna Telkomsel melihat proporsi pengujian terbesar yang memenuhi ambang minimum untuk mendukung aplikasi seluler reguler dan yang lebih menuntut.

Telkomsel masih unggul dengan pengalaman jangkauan 4G dengan skor 8,8 pada skala 10 poin, mengungguli XL dan Indosat dengan skor masing-masing 6,5 dan 6,4 poin. Pengalaman Jangkauan 4G Opensignal menganalisis lokasi tempat pelanggan operator jaringan menerima sinyal 4G relatif terhadap lokasi yang dikunjungi oleh pengguna semua operator jaringan.

Dengan hasil analisis yang dilakukan OpenSignal ini memperlihatkan persaingan ketat antara Telkomsel dan XL Axiata yang saat ini tampak imbang. Bersamaan dengan analisis nasional yang dilakukan OpenSignal, mereka juga memeriksa pengalaman jaringan seluler penggunanya di 10 wilayah utama di Indonesia.

“Kami menggunakan pengukuran 5G selain pengukuran teknologi jaringan seluler generasi lama saat menentukan skor keseluruhan untuk setiap kategori penghargaan,” pungkas Hardik.



Sumber: www.jawapos.com

Related posts