Kreator YouTube Shorts Kini Bisa Pakai Musik Berlisensi sampai Semenit

UNJABISNIS.COM – Upaya YouTube mepet dominasi dan persaingan dengan TikTok tampak nyata. Terbaru, melalui YouTube Shorts, raksasa streaming ini mengumumkan bahwa para kreator video jangka pendek segera diizinkan memiliki musik berhak cipta hingga satu menit di Shorts mereka.

Perubahan tersebut merupakan peningkatan signifikan dari batas 15 detik sebelumnya untuk lagu berlisensi apapun. YouTube mengatakan kreator video pendeknya akan dapat menggunakan antara 30 dan 60 detik musik berlisensi “untuk sebagian besar lagu”.

Namun, beberapa lagu akan tetap berada di batas 15 detik sebelumnya, dengan perjanjian lisensi yang menentukan trek mana yang bisa digunakan. Selain itu, kreator juga dapat dengan cepat melihat berapa lama waktu yang diperbolehkan untuk setiap lagu di alat pilih audio aplikasi YouTube.

YouTube menerangkan, opsi lagu panjang sebagai back sound baru mulai diluncurkan dan akan berlanjut selama beberapa minggu ke depan di iOS dan Android. Karena video buatan pengguna telah meledak selama dekade terakhir, pemberitahuan penghapusan DMCA yang agresif telah membuat pusing para streamer di semua platform.

Label rekaman sering mengotomatiskan penegakan hak cipta mereka, yang mengarah ke klaim yang berlebihan. Misalnya, kreator melihat videonya ditandai karena tidak sengaja menyertakan beberapa detik audio berhak cipta dari stereo mobil yang lewat.

Beberapa petugas polisi bahkan telah mengeksploitasi DMCA untuk keuntungan mereka, meledakkan lagu-lagu Taylor Swift untuk mencegah orang sekitar membagikan video mereka yang direkam secara legal.

Sementara dikutip dari Engadget, peningkatan batas lagu adalah upaya terbaru YouTube untuk merayu para kreator TikTok (dan karenanya penonton dan uang iklan) untuk pindah ke Shorts.

Pada bulan September, perusahaan mengumumkan sebuah program berbagi pendapatan iklan untuk memberikan potongan pendapatan iklan sebesar 45 persen kepada pembuat konten yang memenuhi syarat, terlepas dari apakah mereka menggunakan musik atau tidak.



Sumber: www.jawapos.com

Related posts