Kenalan dengan B-21 Raider, Pesawat Siluman yang Baru Diluncurkan AS

UNJABISNIS.COM – Militer Amerika Serikat (AS) baru saja meluncurkan B-21 Raider. Apa itu? B-21 Raider merupakan pesawat pembom baru pertama AS dalam 30 tahun terakhir yang dibekali dengan teknologi.

Northrop Grumman, yang mengembangkan pesawat, pertama kali menunjukkan kepada kita siluet pesawat yang ditutupi oleh kain sekitar tahun 2015 lalu. Sekarang, Pentagon, basis militer AS telah secara resmi mempresentasikan B-21 di sebuah acara di pabrik Northrop Grumman di Palmdale, California, AS.

Sebelum acara tersebut, perusahaan menyebutnya “pesawat generasi keenam pertama di dunia”, yang berarti jauh lebih maju secara teknologi dari pada jet militer yang beroperasi saat ini. Menurut ABC News, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan selama acara tersebut bahwa “tidak ada pembom jarak jauh lain yang dapat menandingi efisiensi B-21.”

Austin juga mengatakan bahwa selama puluhan tahun kemajuan dalam teknologi yang dapat diamati sangat rendah telah masuk ke dalam pesawat dan bahkan sistem pertahanan udara yang paling canggih pun akan kesulitan mendeteksi B-21 di atas langit.

“Pesawat itu dirancang menggunakan teknologi siluman atau stealth generasi mendatang sehingga dapat tetap tidak terdeteksi bahkan oleh radar canggih dan sistem pertahanan udara,” kata Northrop Grumman dalam pengumuman sebelumnya.

Seorang pejabat Northrop Grumman juga mengatakan bahwa B-21 dapat terbang dalam mode siluman penuh setiap hari, menurut Air and Space Forces Magazine, tidak seperti model saat ini yang membutuhkan perawatan ratusan jam antar misi.

Pesawat akan menggunakan infrastruktur digital berbasis cloud yang lebih murah dan lebih mudah dirawat. Militer juga dapat meluncurkan peningkatan cepat untuk komponen terpisah sehingga selalu terlindungi dari ancaman yang berkembang.

Northrop Grumman saat ini sedang mengerjakan enam unit B-21 lainnya, yang berada dalam berbagai tahap produksi, tetapi Angkatan Udara AS diperkirakan akan memesan setidaknya 100 unit. Militer AS yang selalu digadang-gadang paling kuat di dunia akan mulai menguji pesawat bomber siluman ini di California tahun depan sebelum unit pertama mulai beroperasi dalam waktu dekat.



Sumber: www.jawapos.com

Related posts