Kawal KTT G20, Trafik Data Telkomsel Melonjak

UNJABISNIS.COM- Telkomsel mengklaim sukses menggelar infrastruktur jaringan telekomunikasi untuk konektivitas digital selama perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pekan lalu.

Selama gelaran puncak KTT G20 13-17 November 2022 di Bali, Telkomsel mencatatkan lonjakan trafik layanan data lebih dari 59 persen.

Read More

Dengan dukungan infrastruktur tambahan sejumlah 88 BTS 4G/LTE serta 39 BTS 5G yang menjangkau titik-titik rangkaian kegiatan KTT G20, menggenapi total BTS yang mencapai lebih dari 7.800 unit di seluruh Provinsi Bali, infrastruktur telekomunikasi selama perhelatan KTT G20 dikatakan berjalan lancar.

Untuk layanan 5G, trafik telekomunikasi Telkomsel juga mengalami peningkatan lebih dari 176 persen dibandingkan hari biasa. Pada gelaran layanan 5G di Bali yang salah satunya menggunakan frekuensi milimeter wave 26 GHz, kecepatan download 5G Telkomsel mencapai 5,2 Gbps.

Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan, Telkomsel bersyukur dapat memberikan kontribusi terbaiknya guna mendukung kelancaran kegiatan puncak acara KTT G20 di Bali. “Kami berharap dengan suksesnya gelaran forum internasional ini semakin membuka peluang pertumbuhan ekonomi melalui kolaborasi strategis tanpa batas, yang mengakselerasikan perubahan menuju masa depan dunia yang lebih baik,” ujarnya.

Selain itu, dengan semangat mengoptimalkan kebutuhan komunikasi hingga aktivitas digital delegasi mancanegara sepanjang rangkaian kegiatan G20 di Indonesia, Telkomsel juga mencatatkan aktivasi kartu perdana Telkomsel PraBayar Tourist tumbuh mencapai lebih dari 50 persen dibandingkan hari biasa.

Produk unggulan tersebut telah dipercaya para perwakilan delegasi, termasuk awak media dari mancanegara untuk mendapatkan solusi konektivitas digital bernilai tambah. Terlebih dengan dukungan bonus kuota data/internet sebesar 25 GB dan kuota telepon lokal 25 menit, serta tambahan  alokasi kuota data/internet 100 GB di jaringan 5G.

Selama kegiatan KTT G20 di Bali, turis mancanegara yang menggunakan layanan international roaming Telkomsel juga meningkat hingga 24 persen.

Secara keseluruhan rangkaian kegiatan presidensi Indonesia untuk G20, sejak awal tahun Telkomsel telah melakukan optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan lebih dari 35.000 BTS broadband, termasuk tambahan 190 BTS 5G dan mengoperasikan lebih dari 11 Compact Mobile BTS (Combat) di sejumlah wilayah yang menggelar rangkaian kegiatan G20.

Telkomsel juga menyebut pihaknya sukses menghadirkan showcase pemanfaatan teknologi 5G di sejumlah rangkaian kegiatan G20 dengan sejumlah use case, antara lain Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR) Kawasan Konservasi Hutan Mangrove, Artificial Intelligence (AI) Robot, 5G in the box, Cloud Gaming, dan 5G Holographic Communications.

Seluruh rangkaian showcase pemanfaatan teknologi 5G yang dihadirkan menjadi bagian dari komitmen nyata Telkomsel dalam meningkatkan kepercayaan global bagi kapabilitas Indonesia, terutama dari negara-negara anggota G20, yang diharapkan dapat menjalin kerja sama holistis lintas sektor.

“Kami meyakini, penyelenggaraan presidensi G20 di Indonesia dapat menginspirasi komitmen nyata setiap negara anggota G20, sesuai dengan G20 Bali Leaders’ Declaration,” tutup Nugroho. (*)

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Rian Alfianto



Sumber: www.jawapos.com

Related posts