Intip Kecanggihan Robot Humanoid Xiaomi, Dilatih Bermain Drum

UNJABISNIS.COM – Pada Agustus 2022 lalu, Xiaomi meluncurkan robot bionik humanoid berskala penuh. Robot tersebut kemudian diberi nama CyberOne. Saat berdiri, CyberOne memiliki tinggi 177 cm dan berat 52 kg.

Seperti layaknya robot humanoid atau menyerupai manusia, robot ini terkesan dengan kemampuannya yang bisa melakukan gerakan seperti manusia. Untuk mendemonstrasikan kemampuan produknya yang canggih, terbaru perusahaan mengajari CyberOne cara bermain drum.

Read More

Ya, robot humanoid ukuran penuh Xiaomi itu diajarkan untuk bermain alat musik, drum. Robot tersebut mampu menyelesaikan permainan drumnya dalam tiga langkah.

Dilansir via ITHome, pertama CyberOne secara otomatis bisa mengurai ketukan dari file musik input Midi untuk menghasilkan urutan drum. Kemudian, dengan menggunakan library gerak offline dan kaliberasi online, lintasan gerak yang disinkronkan dengan urutan drum bisa dihasilkan.

Terakhir, tubuh robot dikendalikan untuk menyelesaikan setiap gerakan melalui pengontrol seluruh tubuh. Seluruh tahapan ini membuat robot tersebut bergerak memainkan drum layaknya manusia.

Menurut laporan, bagian tersulit dari permainan drum CyberOne adalah memainkan urutan ritme drum yang panjang, karena harus memastikan gerakannya terus menerus dan bebas benturan.

Untuk mengatasi masalah ini, tim di Xiaomi Robotics Lab mengekstrak ketukan dasar dan kemudian mengoptimalkannya dengan membangun pustaka trek gerak ketukan drum offline. Hal ini memungkinkan CyberOne menghasilkan trek berkelanjutan yang konsisten dengan ketukan drum apa pun.

Kemampuan CyberOne untuk memainkan drum merupakan bukti kemampuannya untuk mengkoordinasikan seluruh tubuhnya dan melakukan gerakan yang cepat, akurat, dan luas jangkauannya.

Namun, keterampilan robot tersebut menabuh drum belum setara dengan penabuh drum profesional manusia. Tim di Xiaomi sedang bekerja untuk meningkatkan kemampuan gerak dan manipulasi CyberOne pada robot generasi kedua.

Meski terkesan canggih, robot yang memainkan drum bukanlah konsep baru. Bahkan, ada band serba robot bernama Compressorhead dari Jerman, yang menampilkan seorang drummer berlengan empat. Namun, CyberOne adalah robot bionik humanoid skala penuh pertama yang dilatih dalam keterampilan ini.



Sumber: www.jawapos.com

Related posts