Bersama Google dan AMD, Samsung Bikin Chip untuk Galaxy S Series

UNJABISNIS.COM – Samsung bergandengan dengan Google dan berencana membuat chipset baru untuk smartphone andalan selanjutnya. Sesuai laporan baru dari keterangan rahasia Connor, Samsung dilaporkan telah bekerja sama dengan tim Tensor Google dan tim grafis AMD. Kerja sama ini untuk membuat chipset baru yang akan memberi daya pada smartphone andalan Samsung Galaxy S-series, kemungkinan besar mulai 2025.

Dikatakan bahwa chipset tersebut akan terdiri dari dua inti Cortex-X berkinerja tinggi. Empat inti (core) yang ada pada chip tersebut dikabarkan bakal berfokus pada kinerja yang berjalan pada kecepatan clock lebih rendah, dan empat inti hemat energi.

Read More

Diagram yang dibagikan menunjukkan bahwa GPU atau pengolah grafis AMD akan dimasukkan ke dalam chipset. Dan sesuai keahliannya, AMD dipercayakan untuk memproses tugas-tugas intensif grafis chip tersebut yang merupakan chip smartphone kelas atas.

Google dan Samsung telah bekerja sama untuk memproduksi chip Google Tensor untuk smartphone seri Pixel. Chip Tensor dan Tensor G2 yang menggerakkan smartphone seri Pixel 6 dan Pixel 7 diproduksi oleh Samsung. Mereka pada dasarnya adalah chip Exynos tetapi hadir dengan fitur Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang dikembangkan lebih jauh oleh tim Google.

Laporan terbaru menunjukkan bahwa kedua perusahaan sudah mulai mengerjakan SoC Google Tensor generasi ketiga yang akan memulai debutnya dengan smartphone seri Pixel 8 pada tahun depan. Chip tersebut dilaporkan diberi nama kode “Ripcurrent” dan membawa nomor model S5P9865.

Sebagian besar chip untuk smartphone saat ini diproduksi menggunakan proses 5 nm atau 4 nm, tetapi karena chipset baru ini untuk ponsel seri Galaxy S di masa mendatang diperkirakan akan resmi beberapa tahun dari sekarang, chip tersebut dapat diproduksi menggunakan 3 nm yang lebih canggih.



Sumber: www.jawapos.com

Related posts