Beri Solusi untuk Pertanian Indonesia di Era Digital

UNJABISNIS.COM – Kian berkembangnya teknologi di era digital membuat banyak generasi muda berlomba-lomba menghadirkan solusi untuk mengatasi beragam problematika yang ada di banyak sektor. Bidang agraria menjadi salah satu hal yang juga tidak luput dari arus digital.

Peluang ini dimanfaatkan oleh Aria Agriculture Indonesia, sebuah perusahaan agritech yang fokus dalam meningkatkan ketahanan pangan lewat modernisasi sektor pertanian pertambangan, dan juga perkebunan.

Read More

Head of Government Relations Aria Agriculture, Gusti Raganata dalam keterangan resmi yang diterima mengungkapkan bahwa sektor pertanian adalah sektor yang ikut berkontribusi dalam menyumbang penghasilan produk domestik bruto (PDB) lapangan usaha pertanian atas dasar harga berlaku (ADHB).

Di 2021, sektor pertanian bahkan menghasilkan Rp 2,25 kuadriliun. “Angka ini berkontribusi sebesar 13,28 persen terhadap PDB Nasional. Namun sayangnya, peran besar sektor pertanian tersebut tidak diimbangi dengan kesejahteraan kehidupan petani,” ujar Gusti.

Isu pangan tanah air ini, kata Gusti, bisa diatasi dengan memanfaatkan IoT (Internet of Things), Big Data, Mechanization, layanan digitalisasi, hingga pabrik drone. Di elemen inilah pihaknya hadir untuk membantu para petani mendapatkan hasil yang lebih baik.

“Kami hadir sebagai service company. Contoh layanan kami adalah menghadirkan drone untuk melakukan penyemprotan lahan pertanian dengan biaya murah dan tepat waktu,” katanya lagi.

“Ini bisa membantu petani untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal dan mengurangi risiko gagal panen dengan proses penanaman yang tepat,” sambungnya.

Gusti mengatakan, saat ini perusahaannya sudah bergerak dari Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Padang, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Kalimantan, dan Nusa Tenggara Barat.



Sumber: www.jawapos.com

Related posts