Bedah Spesifikasi Chip Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2, Ini Keunggulannya

UNJABISNIS.COM – Pada Snapdragon Summit 2022, Qualcomm Technologies, Inc. resmi memperkenalkan mobile platform premium terbarunya yakni Snapdragon 8 Gen 2. Snapdragon 8 Gen 2 Mobile Platform diklaim akan menjadi standar baru untuk komputasi terhubung, dirancang secara cerdas dengan Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang inovatif.

Platform baru ini akan diadopsi oleh sejumlah OEM dan beberapa brand global, termasuk Asus Republic of Gamers, Honor, Iqoo, Motorola, Nubia, OnePlus, Oppo, Redmi, dan masih banyak lagi. Perangkat komersial pertama dengan chip ini diharapkan meluncur di akhir 2022.

“Kami bersemangat untuk membuat orang lebih produktif, maka dari itu kami merancang Snapdragon dengan memosisikan pengguna sebagai pusat inovasi kami. Snapdragon 8 Gen 2 akan merevolusi lanskap smartphone unggulan di tahun 2023,” ungkap Chris Patrick, Senior Vice President and General Manager of Mobile Handsets, Qualcomm Technologies, Inc.

Ditenagai oleh Qualcomm AI Engine tercepat dan tercanggih, Snapdragon 8 Gen 2 menyediakan terobosan AI yang terintegrasi pada seluruh sistem. Didukung oleh Qualcomm Hexagon Processor yang konon telah ditingkatkan. Dengannya, pengguna dapat merasakan pemrosesan bahasa alami yang lebih cepat dengan terjemahan multi-bahasa dan fitur kamera AI yang canggih.

Prosesor Hexagon menghadirkan peningkatan baru pada arsitektur, termasuk inferensi micro tile dan akselerator tensor yang lebih besar, hingga peningkatan 4,35 kali pada kinerja AI. Snapdragon 8 Gen 2 juga disebut sebagai mobile platform Snapdragon pertama yang mendukung INT4, format presisi AI yang revolusioner dengan peningkatan 60 persen pada kinerja/watt untuk inferensi AI berkelanjutan.

Qualcomm Sensing Hub terbaru, yang kini mengemas prosesor AI ganda, mendukung pengalaman intuitif yang memungkinkan custom wake words. Terdapat fitur dan alat tambahan dari Qualcomm AI Stack, termasuk Qualcomm AI Studio, sehingga pengembang dapat menghasilkan lebih banyak lagi aplikasi AI generasi berikutnya.

Platform ini mendefinisikan era baru pengalaman kamera berkualitas profesional dengan Cognitive ISP (Image Signal Processor) pertama. Snapdragon 8 Gen 2 disebut bisa secara otomatis menyempurnakan foto dan video secara langsung dengan segmentasi semantik, menggunakan jaringan saraf atau neural network AI.

Snapdragon 8 Gen 2 juga diatur untuk mendukung sensor gambar baru. Sony Semiconductor Solutions adalah yang pertama mengembangkan teknologi quad digital overlap HDR, yang disesuaikan untuk Snapdragon. Samsung ISOCELL HP3, sensor gambar 200 MP pertama yang dioptimalkan untuk Snapdragon 8 Gen 2 akan menghadirkan foto dan video berkualitas profesional.

Di sisi konektivitas, chip ini enampilkan Snapdragon X70 5G Modem-RF System dengan Qualcomm 5G AI Processor, Snapdragon 8 Gen 2 memanfaatkan kekuatan AI untuk memungkinkan terobosan kecepatan unggah dan unduh 5G, jangkauan, latensi, dan efisiensi daya.

Ini adalah platform Snapdragon pertama yang mendukung 5G+5G/4G Dual-SIM Dual-Active, yang memanfaatkan kekuatan dan fleksibilitas dua SIM 5G sekaligus. Platform canggih ini juga dilengkapi sistem konektivitas Qualcomm FastConnect 7800, menawarkan WiFi 7 latensi terendah dan konektivitas Bluetooth ganda untuk imersi berkelanjutan.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Rian Alfianto



Sumber: www.jawapos.com

Related posts